Friday, April 28, 2017

Kursus Online Personal Branding Bagi Pebisnis

Kursus Online Personal Branding Bagi Pebisnis - Personal branding adalah proses dimana seseorang dan karirnya dimerekan sebagai satu brand. Brand sendiri dapat diartikan sebagai penyimbolan segala sesuatu yang berhubungan dengan informasi mengenai suatu perusahaan, produk atau jasa (sumber wikipedia). Layaknya branding suatu produk, personal branding bertujuan untuk membangun asosiasi dan harapan konsumen terhadap diri kita. Kalau selama ini yang kita tau jualan itu produk atau servis (hard selling), maka personal branding adalah ‘menjual’ diri kita

Blog memang sarana yang tepat untuk membangun branding seseorang secara online. Disini yang dijual adalah
1. feature selling, menjual apa yang ada di dirinya.
2. benefit selling, memberikan manfaat yang akan diterima oleh pembaca blognya.
3. Dan terakhir memberikan solusi kepada para membernya, disebut sebagai solution selling.

Feature selling, benefit selling dan solution selling disebut dengan soft selling.
Dalam melakukan soft selling tersebut kita tidak mendapatkan hasil secara materi di depan langsung. Akan tetapi kita akan dapat hasil secara tidak langsung, bisa dari belakang, dari samping dan dari penjuru yang kita tidak ketahui awalnya. Dari menjual soft selling tersebut, secara efek domino, apa pun yang kita jual akan turut bertumbuh. Apa pun yang kita tawarkan kepada para pembaca blog kita, yang sudah memperoleh soft selling kita tersebut, akan turut dibelinya. (dari blog tangandiatas).

Kursus Online Personal Branding Bagi Pebisnis


Menurut Chris Brogan beberapa hal yang harus kita ingat dalam melakukan personal branding online adalah adanya kemauan yang kuat dalam diri kita untuk melakukan personal branding, menjadi diri sendiri, tawarkan kelebihan diri kita, bikin arah tujuan dan capaian personal branding, lakukan percakapan dengan pembaca blog kita, lakukan inovasi, bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan, dan buka wawasan.

Berikut beberapa tips dari Pak Hermawan Kartajaya dalam bukunya “Marketing Yourself” (dari blog tangandiatas) untuk kita yang ingin membangun merek diri kita sendiri :

  1. Jangan anggap nama Anda cuma sekedar nama. Nama itu harus diketahui oleh orang banyak dan orang harus mengerti asosiasi apa yang melekat pada nama kita.
  2. Build your own brand, Anda punya kewajiban untuk membangun merek anda sendiri. Walau awalnya adalah secara kecil-kecilan, sehingga makin banyak orang yang mengenal anda.
  3. Jaga nama baik anda. Mungkin anda rugi dalam bentuk materi, itu tidak apa-apa asal jangan sampai nama anda jatuh. Because brand is value.
  4. Di Indonesia memang belum banyak orang yang melakukan personal branding online. Kalo ada yang ingin melihat contoh personal branding, blognya pak Nukman bisa dijadikan referensi. Dari luar negeri blognya Peter Montoya bisa dilihat. Sekedar info Peter Montoya sangat concern di bidang personal branding, beliau juga sudah mengahasilkan buku berjudul The Personal Branding Phenomenon.

Bagi anda yang ingin kurus online mengenai branding online, kami rekomendasikan

Informasi mengenai 30 hari belajar personal branding, silahkan lihat DISINI 





Kursus Online Personal Branding Bagi Pebisnis

No comments:

Post a Comment